Doa Pembuka Seminar / Konferensi Internasional

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar sahabat-sahabat pembaca sekalian. Semoga senantiasa baik dan dalam kondisi yang prima serta selalu berada dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Adakalanya kita diminta untuk menjadi pembaca doa dalam acara atau kegiatan kemahasiswaan, atau bahkan seminar / konferensi internasional, namun kita bingung ingin cari referensi doa dari mana.

Untuk itu, di bawah saya tuliskan contoh doa yang saya bawakan saat kegiatan konferensi internasional tahun lalu. Bagi yang belum membaca artikel mengenai konferensi tersebut, antum dapat membacanya melalui link di berikut.

[BACA JUGA: ICEEBA 2017 di Clarion Hotel Makassar]

Di bawah adalah doa konferensi internasional dalam teks bahasa Inggris. Namanya juga konferensi internasional, jadi seluruh rangkaian kegiatan ini menggunakan bahasa Inggris, tak terkecuali dalam pembacaan doa.

Konferensi internasional yang saya ikuti tahun lalu bernama International Conference on Economic, Education, Business and Accounting (ICEEBA), dengan tema: "Strengthening Regional Collaboration for Global Welfare". Jadi cukup diganti nama kegiatan dan tema serta hari dan tanggal disesuaikan dengan kegiatan antum.

International Conference Opening Prayer

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ladies and gentlemen,
Let us bow our head for a moment, pray to God Allah Subhanahu wa Ta'ala so that our International conference can be precious to all of us. I will lead this pray based on the teaching of Islam and those who are not Muslims, you are pleased to pray according to each of your beliefs.


الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ يَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ


Oh Allah, today Saturday, October 28, 2017, in this beautiful place, we gather here to bring about an International Conference on Economics, Education, Business, and Accounting. The theme is: Strengthening Regional Collaboration for Global Welfare.

Make this international conference as a useful science assembly, as a medium of sharing useful ideas, knowledge, and experiences of scholars, researchers, and students of various disciplines. May the conference we organize today benefit to our lives, broaden our knowledge, shine our ideas, and lead us to be successful productive persons which in turn will boost dignity of our nation.

Oh Allah, guide and bless our hearts and our minds with the light of your guidance, impart your supreme wisdom upon our activities, help us to speak our minds clearly, help us to listen to each other, respect each other, love each other so that we are included to the blessed persons.

Oh Allah, protect us from unintended temptation, show us the right path and give us knowledge and strength to perform good things, equally, show us and make it clear the bad things and give us knowledge and strength to avoid them.

Oh Allah, you are the one who can fulfill our do’a.


رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

آمِيْنُ آمِيْنُ آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Translation / Terjemahan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
(Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah kepada kalian)

Para hadirin sekalian, Marilah kita menundukkan (hati dan) kepala sejenak, seraya berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar konferensi Internasional ini dapat (menjadi momen) berharga bagi kita semua. Saya akan memimpin doa ini berdasarkan ajaran Islam, dan mereka yang memiliki keyakinan lain, disilakan berdoa sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

Alhamdulillahi rabbil'alamin
(Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam)

Hamdayyuwaafi ni'mahu wa yukaafi-u maziidah, ya robbanaa lakalhamdu kamaa yambagii lijalali wajhikal kariimi wa'aziimi sultonik
(Pujian yang menyamai nikmat-Nya dan menandingi keutamaan-Nya. Yaa Tuhanku, untuk-Mu pujian yang sebanding dengan kebesaran dan kemuliaan wajah-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu)

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiin, wa'aafiyatan filjasadi, wa ziyaadatan fil'ilmi, wa barokatan fir-rizqi, wa taubatan qoblalmaut, warohmatan 'indalmaut, wamagfirotan ba'dalmaut
(Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan pada agama, dan kesehatan jasad, dan ditambahkan ilmu pengetahuan, dan keberkahan rezeki, dan bertaubat sebelum mati, dan rahmat ketika mati, dan keampunan setelah mati)

Allahummagfirlanaa wa li waalidainaa wa lillmuslimiina wal muslimat, wal mu'miniina wal mu'minaat, al-ahyaa-i minhum wal amwaat, innaka samii'ung qoriibum mujiibud da'awaat, yaa qoodiyal haajat
(Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, kedua orangtuaku, muslimin dan muslimat, dan mu'minim dan mu'minat, baik yang masih hidup maupun yang telah wafat, sungguhnya hanya Engkaulah yang Maha Mendengar, Maha dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan pemohonan, wahai Pemenuh segala Hajat)

Ya Allah, hari ini, Sabtu, 28 Oktober 2017, di tempat yang indah ini, kita berkumpul di sini untuk mengadakan Konferensi Internasional tentang Ekonomi, Pendidikan, Bisnis, dan Akuntansi (International Conference on Economics, Education, Business, and Accounting). Temanya adalah: Memperkuat Kolaborasi Regional untuk Kesejahteraan Global (Strengthening Regional Collaboration for Global Welfare).

Jadikan konferensi internasional ini sebagai pertemuan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, sebagai media untuk berbagi ide, pengetahuan, dan pengalaman yang bermanfaat dari para cendikiawan (sarjana), peneliti, dan pelajar dari berbagai disiplin ilmu. Semoga konferensi yang kami selenggarakan ini bermanfaat bagi kehidupan kami, memperluas pengetahuan kami, mencemerlangkan gagasan kami, dan memimpin kami untuk menjadi orang-orang produktif yang sukses yang pada gilirannya akan meningkatkan martabat bangsa kami.

Ya Allah, tuntun dan berkatilah hati dan pikiran kami dengan cahaya bimbingan-Mu, terapkanlah kebijakan-Mu pada kegiatan kami, bantu kami untuk dapat berbicara dengan jelas (dan fasih), bantu kami untuk saling mendengarkan, saling menghormati, saling mencintai, sehingga kami termasuk orang-orang yang diberkati.

Ya Allah, lindungi kami dari godaan-godaan yang tidak diinginkan, perlihatkanlah kami bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah, beri kami pengetahuan dan kekuatan untuk melakukan hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang buruk.
Ya Allah, hanya Engkaulah yang bisa memenuhi doa kami.

Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa 'azaabannaar
(Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka)

Subhaana robbika robbil 'izzati 'ammaa yashifuun, wa salaamun 'alalmursaliin, walhamdulillahi robbil 'aalamiin
(Maha Suci Tuhan yang memiliki Keagungan dari apa yang mereka katakan, salam sejahtera bagi para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam)

Aamiin, aamiin, aamiin yaa robbal 'aalamiin
(Kabulkanlah doa kami 3X, wahai Rabb semesta alam)

Credits / Ucapan Terima Kasih

Doa di atas merupakan doa yang diterjemahkan oleh ibu saya, Rusdiana Junaid, Dekan FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo. Berkat jasa beliau, saya dapat membaca doa dengan penuh spirit di atas panggung depan ratusan orang dari berbagai daerah tanah air dan mancanegara. Semoga kedepannya beliau menjadi orang yang lebih sukses dan kampus tempat beliau mengapdi bisa menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia.

Semoga artikel saya ini dapat memberikan manfaat bagi antum sekalian. Saya mengucapkan banyak terimakasih telah mampir di blog yang sederhana ini. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar di bawah. Talk to you later...

Komentar

  1. Thank u so much for ur post🙏 gotta use this du'a for international conference very very soon

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome Rihlah. I hope the conference will be successful and goes as planed 😇

      Hapus
  2. Alhamdulillah sangat bermanfaat, Jaza Kallah Khair Pak Ahmad Fauzan Rustan.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, jazakallahu khoir Pak Ahmad Fauzan Rustan

    BalasHapus
  4. Bismillah. Terima kasih atas postingannya, Bapak Ahmad Fauzan. Mohon izin menggunakan teks do'a tersebut untuk kegiatan seminar internasional kami. Semoga keberkahan selalu berlimpah kepada Bapak dan keluarga. Aamiin.
    Jazaakumullaahu khayraa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Komen yang baik ya :)