Meet Up Kedua Komunitas Hackintosh Makassar

Assalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh

Hackintosher Makassar
Alhamdulillah, akhirnya hari ini saya mendapat kesempatan untuk kumpul bareng para Hackintosher Makassar. Tempat lokasi awalnya adalah di Poin House Grapari di Jl. A.P. Pettarani. Tetapi karena hujan dari pagi hingga sore, menjadikan Poin House tidak layak dijadikan tempat untuk berkumpul. Jadi tempat kumpul kali ini dipidahkan di M Cafe di Jl. Abdullah Daeng Sirua. Komunitas ini tergolong baru, dengan jumlah anggota 43 orang (berdasarkan jumlah anggota di group facebook). Mungkin antum bertanya-tanya apa itu Hackintosh? Yang sudah tahu antum luar biasa karena antum bisa Think Really Different.

Kata Hackintosh berasal dari dua gabungan kata, yaitu Hack dan Macintosh. Hack menurut Wikipedia adalah "mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan". Dan Macintosh adalah komputer Apple (berubah nama menjadi Mac di tahun 1998) yang di design, dikembangkan dan dijual oleh Apple Inc., yang diperkenalkan oleh Steve Jobs pada tanggal 10 Januari 1984.

Sudah jelas kan apa itu Hackintosh? Hehe, ini adalah perbuatan yang illegal yang jika ketahuan maka akan berurusan dengan pihak yang berwajib. Jadi kenapa saya tetap ikut di Komunitas ini padahal jika ketahuan akan berurusan dengan pihak yang berwajib? Ini sekadar hobi saya dan rasa penasaran ingin mencicipi komputer Mac buatan Apple. 

Bayangkan saja, laptop Apple yang paling murah (tidak murah juga sih) adalah 12jt. Kalau laptop Windows, kita mungkin bisa dapat 2 laptop dengan speifikasi yang hampir sama. Terus apa yang membuat laptop keluaran Apple begitu mahal? ini karena Mac menggunakan sistem operasi tersendiri bernama macOS/ OS X. Dan juga built quality nya jauh beda dari kebanyakan laptop Windows di pasaran.

Saya sendiri menggeluti hackintosh sejak 2014 silam. Belajar, belajar dan belajar hingga akhirnya sukses menginstall distro iAtkos Snow Leopard 10.6.3 di netbook Toshiba NB100 pada tahun 2016. Suka dan duka banyak saya lalui, terutama untuk membuat installernya. Namun setelah berhasil menginstall, seperti pepatah Arab: "Dan tidak ada kelezatan kecuali setelah kepayahan", saya betul-betul puas dengan hasil kerja keras saya selama ini.


Selfie bareng
Kembali ke topik. Pada meet up kedua ini dihadiri oleh 8 orang Hackintosher Makassar. Mereka adalah Sandi, Yusrandi, Riyank, Ilham, Ilmi, Ary, Chaerul, Haidir dan saya sendiri. Di sini terukir salah satu sejarah yaitu pembuatan Distro macOS Makassar yang pertama. Beruntung saya salah satu orang yang dapat mencoba distro ini pertama kali. Tanpa berpikir panjang sayapun menginstall distro Makassar di laptop saya di cafe tersebut.


Proses pengistalan distro Hackintosh Makassar
Proses pengistalan berlangsung lancar jaya. Yang membuatnya lebih menarik adalah logo Komunitas Hackintosh Makassar saat diinstall di laptop saya. Masalah baru muncul saat penempatan kext yang salah menyebabkan KP alias Kernel Panic. Tetapi hal ini mudah untuk diatasi dengan memasukkan kext yang benar dan mengeluarkan kext yang salah dari folder EFI.

Dalam menulis artikel ini saya menggunakan laptop Hackintosh saya, yaitu HP 14-AC003TX. Yang sudah terinstall macOS Sierra 10.12.3 stable versi terbaru (untuk saat ini). Yang membuat saya jatuh cinta adalah tampilannya sangat menarik dan dari segi User Interface yang sangat mudah dipahami.


macOS Sierra di HP 14-AC003TX
Itulah beberapa kalimat yang dapat saya tuangkan untuk mendeskripsikan Meet Up Kedua Komunitas Hackintosh Makassar. Semoga kedepan keakraban sesama Hackintosh Makassar dapat terjalin lebih erat lagi.

Keep Hackintoshing :D

Komentar