Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger

Assalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh

Ada banyak Content Management System (CMS) di luar sana seperti Blogger, Wordpress, Tumbler, Wix, dll. Saya akan menjelaskan semuanya di lain waktu. Namun untuk kali ini saya akan memberikan tutorial secara lengkap bagaimana cara membuat blog atau website menggunakan Blogger.

Nah, saya yakin antum tidak asing dengan yang satu ini. Bahkan admin sendiri sangat nyaman menggunakan blogger untuk mempost pengalaman dan tips untuk para pembaca sekalian. Ini karena tampilan blogger sangat sederhana sehingga mudah untuk dipahami dan dikuasai. Terimakasih kepada Google karena telah membeli Blogger sehingga cara mendaftarnya pun semakin mudah. Jika kita sudah memiliki akun Google (@gmail.com), maka kita sudah dapat membuat website menggunakan blogger.


Kelebihan dan Kekurangan Blogger:

1. Gratis
2. Full kostumisasi untuk tampilan blog, slideshow, HPP, Javascripts, dll.
3. Hanya memerlukan pendaftaran akun sekali. Dapat membuat banyak blog menggunakan satu akun yang sama.
4. Update otomatis dan notifikasi jika terdapat update terbaru.
5. Dapat membuat sampai 10 halaman.
6. Dukungan widget.
7. Pemilihan domain yang dapat diupgrade.

 Berikut langkah-langah membuat blog menggunakan Blogger:

1. Daftar atau Masuk di blogger.com

Jika kalian sudah memiliki akun Google, silakan signin/masuk terlebih dahulu. Jika belum, maka klik CREATE YOUR BLOG dan buat Akun Baru.


2. Mengisi Data Diri 

Silakan isi data diri di form yang disediakan (Nama, Nama pengguna/Email, Sandi/Password, Tanggal lahir, Jenis kelamin/Gender, Nomor ponsel, lokasi). Jika sudah, silakan klik "Langkah Berikutnya". Akan muncul persyaratan yang perlu dipatuhi, scroll down hingga mendapati "Saya Setuju". Klik Continue to Blogger
Catatan: 
*Langkah ini bagi yang belum memiliki akun Google+, jika sudah silakan langsung ke langkah 4.



3. Membuat Profil Google+

Sebelum kita dapat membuat blog, kita harus mengisi beberapa data diri lagi. Untuk lebih mudahnya, silakan pilih Buat profil Google+ di Opsi Profil. Secara default, data diri akan muncul dan silakan klik BUAT PROFIL. Setelah itu, antum akan diminta untuk mengupload foto (bisa juga pilih Lewati jika belum memiliki foto yang tepat).









4. Memilih Judul, Domain dan Template Blog

Setelah selesai mengisi data diri, silakan klik Lanjutkan ke Blogger dan pilih "Buat Blog Baru". Maka akan muncul jendela dimana kita dapat memilih judul, nama domain dan template. Jika dirasa sudah tepat, klik Buat Blog!
Contoh:
Judul: Santri Manja 814
Alamat domain: santrimanja814.blogspot.com
Template: Tampilan Dinamis
Catatan:
*Pilihlah judul sesuai keinginan antum, contohnya nama kamu.
*Alamat (domain) sebaiknya terdiri dari satu atau dua kalimat saja sehingga mudah untuk didapat (penulisan dalam contoh kurang tepat karena santri manja sudah ada yang punya ^^).
*Tidak perlu berpikir lama untuk memilih template karena nanti lebih banyak pilihan template yang lebih menarik.


5. Selamat Blog Antum Sudah Jadi!

6. Membuat Postingan

Setelah blog sudah jadi, langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan postingan. Seperti yang saya katakan di awal artikel bahwa Blogger itu mudah digunakan karena tampilannya yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Sekarang kembali ke dasbor (dashboard) dan pilih Entri Baru.



Silakan isi nama Judul Pos di samping Entri dan tuangkan tulisan antum di lembar yang disediakan. Gunakan juga fitur yang disediakan seperti memasukkan link, emoji, video dan gambar, mengubah font, mengubah ukuran font, dll. Juga jangan lupa mengisi Setelan Entri di sebelah kanan dasbor. Setelah selesai, pilih Publikasikan.



Selamat, Antum Telah Berhasil Membuat Postingan Pertama!


Itulah beberapa langkah panduan dalam membuat blog menggunakan Blogger. Jika ada yang perlu ditambahkan/dikoreksi atau ada yang mau ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Sekian...

Komentar