Cara Membuat Blog Menggunakan WordPress (Wordpress.com)

Assalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh

Kemarin saya telah menjelaskan kelebihan dan memberikan tutorial tantang tata cara membuat blog menggunakan blogger. Sekarang admin akan memberikan tutorial serupa mengenai cara membuat blog menggunakan WordPress. Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan dari WordPress?

Kelebihan dan Kekurangan Wordpress.com (free version):

1. Gratis
2. Dapat mengkostumisasi CSS dengan membayar $40/yr (Rp534.960/th) tetapi hanya mengubah stylesheet dan font, jadi tidak dapat menjalankan theme sendiri.
3. Hanya memerlukan pendaftaran akun sekali. Dapat membuat banyak blog menggunakan satu akun yang sama.
4. Pembuatan halaman tanpa batas.
5. Tidak mendukung scripts pihak ketiga atau kebanyakan kode html.
6. Pemilihan domain yang dapat diupgrade.


Mungkin antum berpikir bahwa Wordpress agak membatasi keleluasaan kita untuk mengedit dan mengkostumisasi website/blog jika menggunakan wordpress.com. Iya benar, makanya Wordpress terbagi 4 plans, namun untuk sekarang kita fokus ke wordpress.com untuk membuat website secara GRATIS!

Berikut langkah-langkah membuat website/blog menggunakan WordPress.com

1. Daftar di wordpress.com

  • Silakan klik link di atas untuk ke situs utama dan membuat akun WordPress.

  • Langkah 1 dari 5 antum akan dimintai seperti apa tampilan situs yang antum inginkan.

  • Langkah 2 dari 5 antum akan diminta untuk memilih tema.

  • Langkah 3 dari 5 adalah pemilihan nama situs yang antum suka. Saya memilih "santrimanja" maka domainnya menjadi santrimanja.wordpress.com.

  • Langkah 4 dari 5 adalah "paket" yang kita inginkan. Saya telah menjelaskan di atas bahwa kita akan memilih yang gratis.


  • Langkah 5 dari 5 ada memasukkan data diri dan verifikasi. Pastikan email yang antum masukkan masih aktif karena akan diminta untuk memverifikasi. Isi Username/Nama pengguna dan password yang antum inginkan. Kemudian pilih Buat Akun Saya.

Selamat, website antum telah jadi

Jangan lupa untuk memverifikasi email ya ^^


2. Kostumisasi

Sebelum membuat pos, ada baiknya kita mengubah Judul Situs. Pilih Pengaturan di panel kiri. Di sini saya mengubahnya menjadi Santri Manja dengan Slogan "Blog untuk berbagi ilmu dunia dan akhirat".


3. Membuat pos

Langkah selanjutnya adalah membuat post pertama kita. Silakan masukkan judul apa saja yang kalian inginkan. Dan tuliskan isi pos di lembar yang disediakan. Gunakan fitur yang terdapat di dalam wordpress seperti memasukkan gambar, memasukkan kutipan, mengubah font dan ukurannya, pembuatan garis, dll.


  • Sebelum menerbitkan, kita bisa menekan Pratinjau untuk melihat tampilan situs kita ketika nanti sudah tampil. Ada versi Desktop, Tablet dan Smartphone yang disediakan.

  • Jangan lupa untuk memberi kategori/ tag, gambar fitur, lokasi, slug, dll. Jika sudah bagus, pilih Terbitkan. 

  • Selamat, antum telah berhasil membuat postingan pertama menggunakan WordPress.

Itulah panduan untuk membuat blog atau website menggunakan WordPress. Terimakasih telah berkunjung. Semoga sukses dengan blog yang antum buat kedepannya :)

Komentar