Hackintosh Laptop HP 14-AC003TX

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jika antum merupakan pendatang baru di blog ini, saya yakin antum belum membaca post saya sebelumnya mengenai Hackintosh. Di tulisan tersebut saya menjelaskan apa itu Hackintosh dan pembuatan pertama distro Makintosh v1. 


Nah, di tulisan saya kali ini, akan menjelaskan bagaimana cara menginstall macOS High Sierra di laptop HP 14-AC003TX.

Spesifikasi Hardware

Yang paling pertama perlu diperhatikan adalah Hardware Compability. Karena OS X / macOS hanya didesain untuk perangkat keluaran Apple Inc. Laptop atau PC juga harus mempunyai processor Core i series (i3/i5/i7/i9). Selain dari seri tersebut, macOS mustahil untuk diinstal. Berikut spesifikasi dari laptop HP 14-AC003TX:
Hardware Spesifikasi
Processor 2.2 GHz Intel Core i5-5200U
RAM 8 Gb 1600 MHz DDR3L (Upgraded from 4 Gb)
HDD 120 Gb Corsair Neutron GTX SSD
Grafis Intel HD 5500 with integrated AMD Radeon R5 M330 Graphic
Ethernet Realtek RTL8100
Wireless Broadcom BCM94352Z Wireless-AC NGFF Dualband (replaced)

Agar laptop saya berjalan dengan sempurna, saya menambah dan mengganti beberapa hardware bawaan laptop ini. Seperti menambah RAM, mengganti HDD Seagate dengan SSD Corsair dan saya juga mengganti wireless card karena wireless card sebelumnya tidak suport untuk macOS.

Metode Instalasi


Ada dua metode instalasi yang bisa digunakan, yaitu versi retail/vanilla (recommended) dan versi distro. Sayangnya untuk membuat versi retail harus mempunyai perangkat yang sudah terinstall macOS, baik perangkat Mac asli maupun Hackintosh. Karena saya tidak memiliki perangkat Mac maka saya menggunakan versi distro.

Bahan-bahan

Ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan sebelum memulai instal, yaitu hardware dan software:
No Hardware
1 USB flashdrive 8 Gb atau lebih
2 Mouse external (untuk jaga-jaga trackpad laptop tidak berfungsi)
3 Keyboard external (untuk jaga-jaga keyboard laptop tidak berfungsi)

Untuk software menggunakan server Google Drive sehingga kecepatan download bisa maksimal:
No Software
1 Distro macOS High Sierra 10.13.3 by Andres
2 Transmac v11.9
3 SSDT.aml

Membuat Bootable Flashdrive

Setelah menyediakan semua bahan di atas maka saatnya membuat bootable flashdrive. Pertama install Transmac v11.9 sesuai instruksi dalam file zip. Setelah itu jalankan Transmac dalam mode Administrator. Untuk membuatnya silakan mengikuti video ini:



Setting BIOS

Sebelum memulai instalasi macOS, setting BIOS (firmware) perlu diperhatikan:
  • Disable VT-d
  • Beri nilai 64/128 di Graphics Configuration > DVMT Pre-Allocated
  • Disable USB Legacy Support
  • Disable CSM
  • Disable Secure Boot
Save kemudian boot menggunakan USB installer yang telah kita buat tadi.

Masuk Installer Menu


Tidak mudah untuk mencapai installer menu. Selain dari konfigurasi setting BIOS di atas, masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan. Saya sarankan untuk membaca caranya dari website asal asli distro tersebut di andresha.com. Baca dengan seksama bagian TIPS dan TRIK "SEKEDAR" AGAR MENCAPAI GUI INSTALLER MENU.

Install macOS High Sierra

WARNING!!! ACHTUNG!!! PERINGATAN!!!
Ini akan menghapus semua data dalam HDD antum, jadi pastikan antum yakin dengan tindakan ini.

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, sebaiknya antum backup semua data dalam komputer. Semuanya akan terhapus termasuk Windows.

Jika trackpad dan keyboard laptop tidak berfungsi, silakan gunakan mouse dan keyboard external. Trackpad dan keyboard laptop akan diperbaiki saat post install.

Sebelum memulai instalasi, kita perlu membuat partisi khusus macOS. Caranya dengan masuk ke Utilities > Disk Utility. Pilih HDD atau SSD internal laptop kemudian pilih Erase. Silakan isi seperti konfigurasi berikut:
Name: Macintosh HD (atau sesuai keinginan)
Format: Mac OS Extended (Journaled) atau APFS
Scheme: GUID Partition Map

Kemudian klik Erase
Note:
  • Gunakan format Mac OS Extended (Journald) jika menggunakan HDD.
  • Gunakan format APFS jika menggunakan SSD.
Jika ingin dual boot dengan Windows, maka sebelum instalasi pilih Partition dan klik tanda plus (+) untuk menambah partisi. Antum bisa membuat 2 partisi tambahan tempat install Windows dan tempat simpan data yang bisa diakses melalui Windows dan macOS.
Setelah semua konfigurasi di atas selesai, silakan tutup Disk Utility dan pilih install macOS. Klik continue dan Agree kemudian pilih partisi yang ingin diinstall macOS. Ini akan memakan waktu sekitar 5 menit dan laptop akan restart. Saat boot, akan muncul partisi baru, yaitu partisi dimana kita instal macOS tadi. Pilih partisi tersebut untuk melanjutkan instalasi macOS High Sierra.

Post Install

Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul Setup Mac. Silakan diisi sesuai data pribadi hingga sampai ke desktop.




Hal pertama yang mesti dilakukan adalah menginstall Clover Bootloader ke HDD/SSD agar laptop bisa boot tanpa Flashdisk. Semua tool yang dibutuhkan ada di dalam flashdisk installer. Silakan di unzip kemudian jalankan Clover v2.4 r4289 untuk menginstal Clover Bootloader ke HDD/SSD. Bisa juga download versi terbaru Clover EFI Bootloader dari Sourceforge.
Untuk konfigurasi Clover EFI Bootloader, pilih customize dan centang:

  • Install for UEFI booting only
  • Install Clover in the ESP
  • Drivers64UEFI: EmuVariableUefi-64, Fat-64, OsxAptioFixDrv-64 dan PartitionDxe-64
  • Install Clover Preferences Pane

Kemudian klik install.

Setelah selesai menginstall Clover Bootloader, jangan lupa mengcopy APFS.efi, NTFS.efi dan HFSPlus.efi dari EFI Flashdisk ke EFI HDD/SSD supaya pasrtisi terbaca saat boot.
Butuh beberapa usaha agar seluruh hardware berjalan mulus. Silakan cari di internet sesuai dengan spesifikasi laptop antum masing-masing.

Saya sendiri menggunakan kexts seperti di gambar:
Sampai saat ini beberapa yang berjalan mulus di laptop saya:
Kategori Hardware Status
Graphic Intel HD 5500 Broadwell Work
Graphic AMD Radeon R5 M330 2Gb Not Work
Graphic HDMI Work
Graphic VGA / D-Sub Not Work
Ethernet RTL8100 Work
Wifi & Bluetooth Broadcom BCM94352Z NGFF Work
Audio Speaker Work
Audio Headphone Work
Audio HDMI Not Tested
Microphone Built-In Work
Webcam Built-In Work
USB USB2 (480 Mbps) & USB3 (5 Gbps) Work
DVD HP DVD Burner Work
Cardreader Realtek Work
Baterai Built-In Work
Keyboard Built-In Work
Touchpad Elan Touchpad Work

Hackintosh Community and Site

Untuk belajar Hackintosh membutuhkan banyak referensi. Antum bisa masuk beberapa group untuk bertanya jika mempunyai kendala atau masalah. Ini dia beberapa group dan komunitas Hackintosh yang bermanfaat buat saya:

Disclaimer

Hackintosh merupakan hal yang ILLEGAL dan PENUH RESIKO. Kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan atau kerusakan apapun.

Tulisan ini hanya mendokumentasikan proses hackintosh pada hardware penulis.

Itulah tulisan saya mengenai Hackintosh di laptop HP 14-AC003TX. Semoga pembaca menyukainya.

Komentar

  1. blog yang sangat membantu. saya mau tanya laptop ini punya whitelist untuk wifinya ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika blog ini bermanfaat buat saudara. Untuk wifi card-nya sudah saya ganti menggunakan Broadcom BCM94352Z, yang support dengan Hackintosh. Bisa juga menggunakan Broadcom BCM943602BAED, dimana speednya lebih kencang dibanding wifi card yang saya gunakan saat ini. Keduanya bisa dibeli lewat AliExpress (Recommended). Tetapi sebelum membeli, pastikan dulu tipe wifi card saudara. Untuk laptop saya menggunakan NGFF (M.2). Ini link yang mungkin bermanfaat buat saudara dalam memilih wifi card: http://osxarena.com/2015/10/wifi-compatibility-list-for-mini-pci-express-and-ngff-card-for-mac-os-x-hackintosh/

      Hapus
    2. bisakah saya mendapatkan dsdt, ssdt, dan kext yang anda gunakan ? saya mempunyai laptop yang sama, namun saya tidak dapat menggunakan 1 ram slot, battery indicator, keyboard mapping dll.

      Hapus
    3. Ini isi clover saya, silakan dipelajari: https://drive.google.com/file/d/1NvQDYI2AhDdxSYbuZ5myYWlWVuxHHYLc/view?usp=sharing

      Hapus

Posting Komentar

Komen yang baik ya :)