Seminar Ekonomi Islam di Pinishi Ballroom UNM


Seminar Ekonomi Islam Banner

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Seminar Ekonomi Islam adalah seminar yang sangat luar biasa manfaatnya. Mengapa? Karena seminar ini membahas tentang bagaimana teknik perdagangan yang Syar'i dan jauh dari riba'. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa riba' itu haram hukumnya dan orang yang memakan riba' akan mendapatkan siksaan yang pedih di neraka kelak.

That statement was not a good start, wasn't it? :D

Itulah kegiatan yang kami selenggarakan pekan lalu, Seminar Ekonomi Islam yang bertemakan "Mewujudkan Partisipasi Perbankan Syariah, Demi Terciptanya UMKM Syariah".

Seminar Ekonomi Islam ini diselenggarakan oleh KMM Asy-Syaamil FE UNM. Untuk mengetahui apa itu KMM Asy-Syaamil, yuk scroll down.

KMM Asy-Syaamil FE UNM 

Pengurus KMM Asy-Syaamil Mengenakan Pakaian Dinas Harian 3 Generasi

Keluarga Muslim Manajemen Asy-Syaamil Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (KMM Asy-Syaamil FE UNM) merupakan biro dari Himpunan Mahasiswa (HIMA) Manajemen FE UNM, organisasi yang berdiri atas inisiatif untuk memperbaiki Muslim dan Muslimah di kampus UNM, khususnya Program Studi Manajemen. Saya sendiri sudah 3 tahun mengabdikan diri dalam organisasi ini, sehingga saya yang awalnya hanyalah mahasiswa yang biasa-biasa saja berakhir menjadi Dewan Syuro, majelis tertinggi dalam organisasi ini.

Meskipun Asy-Syaamil merupakan biro dari HIMA Manajemen, saya merasa ada gap di antara kedua organisasi ini. Sebenarnya saya mau membahas panjang lebar mengenai gap-gap tersebut, tetapi menceritakannya sama seperti menyebarkan aib-aib HIMA Manajemen sehingga saya hapus tulisan saya sebelumnya. It's for good.

SEI 2017 Tetap Membanggakan

Peserta SEI 2017 Memenuhi Ballroom

Seminar Ekonomi Islam (SEI) di tahun 2017 yang diselenggarakan oleh KMM Asy-Syaamil menghadirkan mahasiswa dan dosen dari berbagai universitas dan sekolah di kota Makassar, bahkan ada yang datang dari kabupaten Gowa, Maros dan Pangkep.

Walaupun jumlah peserta tahun ini menurun dari SEI tahun lalu, namun angka 363 peserta (119 laki-laki dan 244 perempuan) masih dapat dikatakan sukses untuk kalangan organisasi jurusan seperti KMM Asy-Syaamil. Mungkin penyebabnya adalah terlambatnya publikasi yang menjadi tugas dan tanggung jawab saya untuk membuat pamflet. Atau karena ini merupakan musim ujian akhir bagi pelajar sehingga banyak yang berhalangan untuk hadir.

Sponsorship

The Sponsors of KMM Asy-Syaamil

Seminar Ekonomi Islam yang diselenggarakan oleh KMM Asy-Syaamil disponsori oleh:
  1. Warkop Tabe
  2. Aircon Solution
  3. De Jalkots
  4. Halisa Cell
  5. Chocolicious
  6. Warung Bakso Mas Cingkrank
  7. Ayam Bebek Goreng Pak Haji Uno
  8. Kangen Water
We thank you for making our event coming true.

Opened By Dean of Economi UNM

Sambutan Dekan Fakultas Ekonomi UNM

Kegiatan seminar ini dibuka oleh Dr. H. Muhammad Azis, M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Bisa bayangkan ngak, surat untuk beliau kami serahkan ba'da ashar, sehari sebelum kegiatan ini dimulai. Awalnya saya ragu beliau mau datang untuk membuka kegiatan kami karena surat yang telat beliau terima. Alhamdulillah! ternyata beliau sangat mendukung kegiatan kami.

Yang membuat saya tersanjung dengan pidato beliau adalah saat beliau menyebutkan bahwa Program Studi Manajemen telah memperoleh akreditasi A, dan seketika semua peserta bertepuk tangan. Hehe

Setelah beliau selesai menyampaikan sepatah kata, suara palu sidang ditepuk 3 kali, tuk-tuk-tuk. Menandakan kegiatan Seminar Ekonomi Islam resmi dibuka.


Moderator

Dr. Anwar SE., M.Si Berfoto Sebelum Seminar Dimulai

Pak Anwar sapaan DR. Anwar, SE., M.Si adalah salah satu dosen favorit di jurusan Manajemen. Orangnya sangat baik dan objektif dalam memberikan nilai. Hal yang tidak pernah saya duga adalah ternyata beliau memiliki adik di KMM Asy-Syaamil bernama Dedy Ibrahim. Beliau adalah moderator di SEI tahun lalu dan tentunya moderator di Seminar Ekonomi Islam tahun ini juga.

Sedikit curhat mengenai beliau, cara pak Anwar menilai orang itu objektif, maka ketika di kelas kita harus serius memperhatikan pembelajaran. Cara beliau mengajar juga menyenangkan dan kadang juga membingungkan. Mungkin karena otak saya pas-pasan kali ya? Hehe. Beliau juga sedikit humoris, suka buat kami tertawa saat belajar agar kita tidak terlalu kaku dalam menerima pelajaran di kelas. 

Pemateri 1: Aktivis

Ustadz Idris Membawakan Materinya

Dr. Ir. Idris Parakkasi merupakan ketua MES, Masyarakat Ekonomi Syariah. Beliau juga dosen Ekonomi/ Keuangan Syariah di berbagai kampus seperti UIN Alauddin Makassar, Universitas Fajar, STIM Nitro, dll.

Di SEI 2017, beliau membawakan materi yang sangat bermanfaat bagi kami semua. Judul slide powerpoint beliau adalah "Peran dan Fungsi Perbankan Syariah Dalam Mendukung Terciptanya UMKM Syariah". For your information, UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Tempat favorit saya dalam kegiatan seminar adalah tempat duduk operator, karena di situ merupakan tempat strategis untuk melihat dan mendengarkan materi yang dibawakan secara seksama. Dan ketika Ustadz Idris menampilkan materinya, banyak ilmu yang baru saya dapatkan berkat beliau. Wawasan saya mengenai ekonomi syariah menjadi terbuka dan faham akan cara benar dan salah dalam berdagang.


Pemateri 2: Bank Syariah

Ustadz Muchlis Menjelaskan Anti Maghrib

Yang menjadi perwakilan Bank Syariah di SEI 2017 ini adalah Bank Muamalat, oleh Muchlis Khomainy. Hampir sama dengan ustadz Idris, beliau juga membawakan materi mengenai Perbankan Syariah tetapi beliau membahasnya lebih detail. Beliau juga membahas mengenai materi lain yang belum disampaikan oleh ustadz Idris.

Sayangnya saat beliau tampil di depan, saya merasa lapar sehingga saya meninggalkan ruangan sejenak untuk makan. Setelah makan, saya masuk lagi untuk mendengarkan materi. Beberapa menit kemudian saya merasa ingin buang air kecil, saya pun ke toilet. Dan saat kembali, ternyata beliau sudah duduk dan selesai membawakan materinya :(

Saya merasa sangat rugi pada waktu itu karena hanya mendengarkan sedikit materi dari beliau. But, I coudn't do anything about it.

Pemateri 3: Praktisi

Ustadz Rusmin Memotivasi Peserta Untuk Memulai Bisnis

Pernah makan di Warung Bakso Mas Cingkrank? Atau beli kue di Chocolicious? Karena praktisi yang menggunakan sistem Syariah dalam berdagang adalah beliau orangnya. Muhammad Rusmin SKM, MARS adalah orang yang sangat bagus wataknya. Beliau juga easygoing sehingga banyak yang suka dengan beliau, especially girls.

Menurut saya, walaupun mempunyai bisnis sukses dan uang berlimpah, tidak membuat ustadz Rusmin berubah menjadi kikir dan tamak. Why? Karena kegiatan kami ini hampir semua disponsori oleh perusahaan beliau.

Selain itu, penampilan beliau juga syar'i. Saya melihat beliau memakai celana di atas mata kaki tempo hari yang menjadi identitas seorang muslim sejati. By the way, dia memakai jam tangan Apple watch yang membuat penampilannya tambah perfect as a business man.

Beliau mengajarkan kami cara untuk memulai, menjalankan dan mempertahankan bisnis. Seperti cara mendapatkan modal, penentuan target pelanggan dan kerja sama dengan Bank Syariah yang tidak menggunakan sistem bunga.

Salah satu materi beliau adalah mendapatkan modal usaha melalui 5 M:

  1. Minjem Ortu
  2. Minjem Keluarga
  3. Minjem Teman Kampus
  4. Minjem Teman FB
  5. Minjem Calon Mertua 😂
Yang terkahir greget ya? Minjam modal usaha dari calon mertua...

Penyerahan Cinderamata

Penyerahan Plakat Kepada Ustadz Idris Oleh Saudara Jusriandi

Setelah pemateri memaparkan masing-masing materinya, tidak lengkap rasanya tanpa memberikan cinderamata sebagai hadiah dari kami. Cinderamata tersebut adalah plakat yang terbuat dari fiber berbentuk gedung Pinisi, ikon Universitas Negeri Makassar.

Penyerahan Plakat Kepada Ustadz Anwar Oleh Saudara Amrin

Penyerahan Plakat Kepada Ustadz Muchlis Oleh Saudara Hardiansyah 

Penyerahan Plakat Kepada Ustadz Rusmin Oleh Saudara Faiz


Prizes For The Lucky Ones

Peserta Menerima Hadiah Dari Saudari Isma

Beberapa peserta yang beruntung mendapatkan hadiah. Mereka memperolehnya dengan berbagai cara, seperti post di Instagram mengenai SEI 2017 dengan caption yang menarik, bertanya saat sesi tanya-jawab dengan pertanyaan yang berbobot atau yang paling pertama registrasi ulang di meja registrasi yang disediakan oleh panitia. They were really lucky.

Peserta Menerima Hadiah Dari Saudara Anis

Peserta Menerima Hadiah Dari Saudara Hardiansyah

Inilah yang sempat saya tuangkan dalam tulisan saya kali ini. Jika antum ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai SEI 2017, silakan isi kolom komentar di bawah. Semoga para pembaca menyukainya. Thank you for visiting my site!

Komentar