Google Gapura Digital Class Makassar

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketika mengetahui kegiatan ini dilaksanakan oleh "Google", saya langsung tertarik untuk mengikutinya. Walaupun kelas ini sebenarnya diprioritaskan untuk pengusaha yang ada di kota Makassar, saya tetap ingin mengikutinya walaupun saya belum mempunyai bisnis, karena yang menyelenggarakannya adalah Google. Iya, GOOGLE!

Kelas ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu dan Ahad. Dalam sehari kami menghadiri 2 kelas, jadi semua total kelasnya ada 4. Dengan materi pelajaran:

  • Sabtu, 19 January 2018:
1. Panduan Dunia Digital
2. Google Untuk Bisnismu

  • Ahad, 20 January 2018:
3. Tips Website Efektif
4. Pengenalan SEO dan SEM

Saya pribadi mendapatkan banyak ilmu dari kelas-kelas tersebut, serta teman-teman yang ramah dan pebisnis dari banyak profesi di kota Makassar. Saya sengaja duduk di kursi paling depan, agar dapat mendengarkan materi dengan seksama. Di samping kiri saya duduk seorang pengusaha CCTV, dan di samping kanan saya duduk junior dari kampus UNM bernama Nelsiani Sumbung.

Ini dia penjelasan lebih detail mengenai kelas-kelas yang telah saya pelajari.

1. Panduan Dunia Digital

Ibu Novita Sutopo mengenalkan Dunia Digital

Kelas ini dijelaskan oleh ibu Novita Sutopo, yang pernah berkerja di iRadio. Makanya kalau kita search melalui Google, nama ibu Novi di situs iRadio pasti yang paling pertama muncul. Beliau juga pernah bekerja di Coca Cola, cuman saya lupa bagian mana, bersangkutan dengan HRD dan pelayanan pelanggan. Makanya cara beliau menjelaskan materi sangat baik dan mudah dipahami.

Selain dari paras ibu Novi yang anggun, pemahaman beliau tentang pengenalan digital sangat luar biasa. Beliau menjelaskan secara rinci tentang bagaimana cara digital bekerja, dan memberikan penjelasan dan contoh beberapa orang yang sukses berwirausaha melalui media elektronik digital.

Penjelasan beliau yang membekas di benak saya adalah tentang barang/jasa yang harus mempunyai 2 sifat, yaitu visibility dan credibility. Visibility dari kata visible, artinya dapat terlihat dan credibility dari kata credible, yang artinya masuk akal/dapat dipercaya.

Beliau juga berbicara mengenai melakukan usaha yang bermanfaat bagi orang banyak, serta menyarankan kami membuat warganet untuk berkomentar tentang usaha kami, baik melalui video maupun situs yang kami buat kedepannya.

2. Google Untuk Bisnismu

om Kasman Suherman menjelaskan tentang aplikasi Google My Business

Di kelas yang satu ini mungkin pelajaran yang terpenting yang saya dapati selama mengikuti kelas Google, yaitu aplikasi Google My Business / Google Bisnisku.

Dengan adanya kelas ini, saya mengetahui cara kerja Google agar usaha kita tampil paling atas. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google My Business, yang tersingkron dengan semua produk Google seperti Google Search, Google Maps, Google Plus, Gmail, Youtube dan produk-produk Google lainnya.

Saya juga merasa bahwa kelas Gapura Digital ini diadakan hanya sebagai ajang promosi produk yang satu ini. Meskipun begitu, saya sangat bersyukur karena telah menghadiri kelas Google karena banyaknya materi baru yang bisa kami petik selama pembelajaran berlangsung.

Oh iya, saya hampir lupa. Yang menjadi pemateri di Google Untuk Bisnismu adalah kakak Kasman Suherman. Dialah orang yang menyukseskan kelas Gapura Digital sehingga hadir di Kota Makassar. Beliau bekerja di Google, dan saya dengar dari teman-teman yang lain bahwa dia satu-satunya orang Sul-Sel yang bekerja di sana (Wallahu A'lam).

Selain ramah, sopan dan rapi, beliau juga religius menurut saya dengan mengikuti beberapa sunnah seperti menumbuhkan jenggot dan celana yang tidak melewati mata kaki. Dan beliau juga mempromosikan dirinya masih jomblo :D. Beliau langkah loh, jadi buruan daftarkan diri untuk ta'aruf dengan beliau.

3. Tips Website Efektif

Fasiliator Handy menjelaskan tips website efektif

Dari perspektif saya, penjelasan Tips Website Efektif ini kurang bagus untuk diajarkan kepada pemula seperti kebanyakan pengusaha yang hadir di dalam kelas. Bagaimana tidak, mereka baru diajarkan cara membuat website di hari sebelumnya, tanpa menguasai tools dan cara kerja dashboard sepenuhnya.

Penjelasan pemateri tentang kelas ini juga tidak seperti yang saya harapkan, karena pemateri hanya menjelaskan basic dari Website. Makanya pemateri menginformasikan kepada saya bahwa penjelasannya mungkin tidak sesuai ekspektasi saya, karena katanya kalau mau membuat website yang betul-betul efektif membutuhkan waktu sekitar 2 semester alias satu tahun.

Kakak Handy adalah pemateri di kelas ini, beliau Chinese dengan wajah tampan dan berseri, seperti kebanyakan Chinese lainnya. Berbicara tentang Chinese, saya teringat dengan salah satu film kesukaan saya, yaitu Ip Man, hehe. Saya memang penggemar film Tionkok, apalagi yang menceritakan masa-masa kerajaan seperti Dinasti Qin. Dan masih banyak lagi film Tiongkok yang saya gemari.

Beliau memberikan banyak pertanyaan kepada kami, tentunya mengenai website yang akan kami buat kedepan. Bagaimana supaya banyak yang melirik website kita, tampilannya bagaimana bagusnya, objek uasaha kita seperti apa orangnya, dan banyak lagi pertanyaan lain yang tentunya sangat penting agar website kami menjadi Best of the best out there. Outstanding!

4. Pengenalan SEO dan SEM

Om Jhod memberitahukan rahasia dibalik SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah 2 plugin berbeda dengan fungsi yang sama. Yaitu untuk membuat nama/toko/usaha kita yang paling pertama muncul di search engine / mesin pencari.

SEO dan SEM dijelaskan oleh om Jhod (Muhammad Junaedi), pemilik dari OndeOnde Studio. Beliau berkata bahwa untuk mengoptimasi situs kita tampil paling pertama itu cukup susah dan membutuhkan kesabaran ekstra jika menggunakan SEO. Sedangkan jika menggunakan SEM, situs kita akan tampil paling pertama dengan tulisan "Ad" yang terdapat di bawah deskripsi situs kita.

Mengapa demikian? Karena SEO adalah plugin / tweaks yang gratis, sehingga untuk mencapai puncak kita perlu bersaing dengan beberapa situs lainnya yang memiliki konten yang sama dengan situs kita. Sedangkan SEM adalah sistem berbayar seperti Google Adword, sehingga iklan kita akan tampil di halaman awal Google Search sebagai iklan atau advertisement.

Kesimpulan yang saya dapat dari materi ketiga adalah "siapa yang paling banyak merujuk ke dia, maka dialah yang menang".

Pendapat Saya Setelah Mengikuti Kelas Google Gapura Digital

I have to say I'm satisfied. Karena kelas ini gratis dan kami mendapatkan materi yang sangat langkah untuk didapatkan di tempat lain. Saya juga berjumpa dengan teman-teman dari Komunitas Koin Untuk Negeri (KUN) di kelas ini, kakak Ardi dan kakak Aca' (Nasrah).

[Baca juga: SEJARA di Dusun Bara Kabupaten Maros]

Saya juga bertemu for the first time dengan Marta, teman dari Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ), yang saat ini membutuhkan bantuan untuk menyelenggarakan Seminar Aksi Akbar untuk membantu anak-anak jalanan Makassar. Bagi pembaca yang ingin berdonasi bisa melalui kitabisa.com. Semoga yang menyumbang bisa menjadi amal buat di akhirat kelak. Amiin.



Itulah beberapa pendapat saya mengenai kelas Google Gapura Digital, semoga pembaca tertarik untuk mengikutinya juga, karena nanti akan ada lagi kelas Handal Digital, lanjutan dari kelas sebelumnya.

Terimakasih telah berkunjung ke blog kami, I hope you love it...

Komentar