Cara Melihat IG Story Tanpa Diketahui

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pernah ngak sih berniat melihat IG (Instagram) Story teman tapi tidak mau ketahuan sama dia? Atau antum diam-diam suka sama seseorang, ingin stalk IG Story dia? Hehehe

Di post kali ini saya akan membagikan dua cara alternatif untuk melihat IG Story orang tanpa sepengetahun pemiliknya. Cukup bermodalkan internet browser saja, dalam tutorial ini saya menggunakan Google Chrome dan Safari.

Walaupun ada aplikasi yang dapat kita unduh melalui Playstore untuk melihat IG Story, saya tidak akan membahasnya di sini. Karena cara ini lebih aman dan terpercaya tanpa mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Cara Pertama: StoriesIG

StoriesIG adalah situs yang dibuat oleh Jesús Lobos (Instagram | Twitter) untuk melihat dan mengunduh IG Story tanpa ketahuan oleh pemilik akun. Kelebihan StoriesIG adalah dapat digunakan di semua perangkat, mulai dari smartphone, tablet sampai desktop.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, tinggal buka situs storiesig.com kemudian masukkan username dari akun yang ingin kita lihat story-nya. Untuk lebih jelasnya, berikut saya uraikan langkah-langkahnya.

Di sini saya menggunakan dua browser yang berbeda, untuk membuktikan bahwa StoriesIG dapat dibuka melalui semua browser. Di sebelah kiri adalah Safari, sedangkan di sebelah kanan adalah Chrome.

1. Buka Website StoriesIG
Buka internet browser > ketik storiesig.com > tap Go / Return (Enter). Maka laman seperti di bawah akan muncul.


2. Masukkan Username
Ketik nama pengguna / username yang ingin dilirik di kolom username > tap Return (Enter). Akan muncul informasi jika akun tersebut memiliki story atau tidak. Di contoh ini dapat dilihat ada dua Stories Highlights yang di post oleh akun tooth.

3. Lihat / Lirik Story
Tap akun yang telah diketik tadi > scroll down untuk melihat story.

4. Download Story
Tersedia pula opsi download jika ingin menyimpan foto atau video story tersebut. Bisa juga menggunakan 3D touch pada iPhone di Safari atau tap + tahan gambar di Chrome sehingga akan muncul gambar seperti di bawah.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, StoriesIG dapat dijalankan semua perangkat. Jadi StoriesIG juga dapat dibuka melalui tablet dan desktop, baik menggunakan browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Microsoft Edge, UC Browser, Maxthon, dll. 

Cara Kedua: Ekstensi Chrome IG Story

Jika antum belum menggunakan Google Chrome sebagai default browser di laptop / netbook milikmu, sebaiknya menggunakan browser satu ini. Google Chrome merupakan browser terbaik, ringan untuk dijalankan di semua OS serta memiliki banyak fitur dan ekstensi yang menarik yang dapat antum download melalui Chrome Web Store.

Salah satu ekstensi tersebut adalah Chrome IG Story yang hanya tersedia di browser Chrome untuk saat ini. Lebih spesifik harus menggunakan Google Chrome Desktop. Berikut cara melihat IG story melalui browser Chrome:

Buka aplikasi Google Chrome > klik ikon 3 dots di pojok kanan atas > pilih More Tools > klik Extensions.

Setelah masuk ke tab Ekstensi, klik ikon hamburger di pojok kiri atas > klik Open Chrome Web Store pada bagian bawah.


3. Cari Ekstensi Chrome IG Story
Search di kolom pencarian "Chrome IG Story" kemudian tekan Enter. Chrome IG Story akan berada paling atas.


4. Install Ekstensi Chrome IG Story
Sekarang tinggal klik ADD TO CHROME > Add Extension untuk memasang ekstensi ini.


5. Chrome IG Story telah terpasang

Setelah sampai di tahap ini, kita akan diminta untuk login ke akun Instagram. Klik ikon Chrome IG Story > klik OPEN INSTAGRAM.

7. Login Instagram
Klik tulisan login di untuk masuk ke instagram > masukkan username / email / nomor telpon beserta password akun antum > Enter atau klik Log in.


8. Siap Digunakan Untuk Stalk Teman
Sekarang kita dapat melihat IG Story teman ataupun orang lain tanpa sepengetahuan mereka. Di bawah saya berikan bukti bahwa kita tidak kedapatan melihat IG Story mereka.

Akun Ustadz Khalid Basalamah sedang live dan saya buka pada pukul 09.15, kemudian saya tutup satu menit kemudian, pada pukul 09.16. Dapat dilihat bahwa masih ada lingkaran ungu dan kuning di sekeliling IG Story Ustadz Khalid, seakan saya belum melihat story-nya padahal telah saya buka dan lihat beberapa saat.


9. Simpan Story
Sama halnya StoriesIG, Chrome IG Story juga dapat digunakan untuk melihat akun dan menyimpan story.
  • Klik ikon Chrome IG Story > masukkan username, hashtag atau place > tekan Return (Enter)

  • Pilih akun yang ingin dilihat / dilirik story-nya.

  • Klik kanan pada mouse / trackpad (touchpad) > Save Image As...

  • Bisa juga mengunduh semua story cukup dengan klik gambar download yang tersedia di samping gambar share.

Conclusion / Kesimpulan

Itulah dua cara untuk melihat IG Story teman atau orang asing tanpa sepengetahuan mereka. Sekarang saya akan membahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara di atas.

StoriesIG lebih straightforward, langsung to the point, tinggal masukkan username dan hit enter kemudian story pun akan muncul. Dari segi tampilan juga dapat dikatakan rapi dan minimalis, sehingga mudah untuk dioperasikan.

Namun kekurangan StoriesIG ini kadang tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Website-nya kadang hanya loading tanpa memberikan hasil. Namun saat ia bekerja dengan baik, maka akan memberikan hasil terbaik pula.

Chrome IG Story berbelit-belit dalam pemasangan ekstensinya. Namun jika antum sudah sering menggunakan Chrome Web Store, maka dalam pemasangan ekstensi ini akan menjadi lebih mudah.

Kelebihan dari Chrome IG Story adalah ekstensi ini sangat powerful. Kita bisa melihat story teman kita seperti pada aplikasi instagram di smartphone. Kita juga dapat mencari story melalui username, hashtag maupun place.

Itulah yang dapat saya share untuk kesempatan mengetik hari ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi antum sekalian.

Komentar

  1. waahhh, tips yang menarik untuk nge-stalk doi yang lagi marahan sama kita tapi gengsi ki perlihatkan blg msh perhatian ki dengan cari tahu apa yang na lakukan wkwk, tapi bahaya juga kalo sampe disalah gunakan sama orang2 yang tidak bertanggung jawab, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😅 Baru buka blog lagi, ternyata ada Blogger Pro berkomentar. Iya, itulah fungsi dari aplikasi IG Story stalker, dan memang berbahaya jika penggunanya adalah orang yang tidak bertanggung jawab. Namun kita dapat mengaktifkan fitur PRIVATE di instagram untuk menghindari hal-hal tersebut

      Hapus

Posting Komentar

Komen yang baik ya :)